1. Jelaskan tentang
perkembangan jaringan computer sebagai sarana yang digunakan dalam proses
telematika!
Jawaban:
Konsep
jaringan komputer lahir sekitar Tahun 1940-an di Amerika, dari sebuah proyek
pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan group riset di Harvard
University, yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut
hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.
Dalam rangka meningkatkan efisiensi kerja maka dibuat proses beruntun (Batch
Processing), sehingga beberapa program dapat dijalankan dalam sebuah komputer
dengan kaidah antrian.
Pada
Tahun 1950-an, saat jenis computer mulai membesar hingga terciptanya super
computer, maka sebuah computer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu,
ditemukan konsep distribusi proses yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing
System). Dengan demikian, bentuk jaringan (network) computer pertama kali
diaplikasikan.
Selanjutnya,
perkembangan jaringan komputer global dimulai pada 1969 ketika Departemen
Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga dapat saling berkomunikasi dan membentuk
sebuah jaringan.
Pada
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang
diciptakan satu tahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e-mail ini cukup mudah,
sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada Tahun 1973,
jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.
2.
Jelaskan tentang
keuntungan dan kerugian:
a.
Teknologi peer-to-peer
b.
Teknologi
client-server
Jawaban:
a. Teknologi peer-to-peer
Peer to peer adalah
Jaringan yang memperbolehkan pemakai membagi resources dan data pada komputer
mereka serta mengakses shared resources yang ada pada computer lain.
Ø
Keuntungan Teknologi
peer-to-peer:
1)
Antar
komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimilikinya
seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.
2)
Biaya
operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan
client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki
kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
3)
Kelangsungan
kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu
komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami
gangguan.
Ø
Kerugian Teknologi
peer-to-peer:
1) Troubleshooting
jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap
komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Dalam jaringan
client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
2) Untuk
kinerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap
komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian, fasilitas jaringan juga
harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
3) Sistem
keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur masing-masing
fasilitas yang dimiliki.
4) Karena
data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup
harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.
b. Teknologi client-server
Teknologi client-server
dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data
kepada komputer lain. Setiap instance dari komputer yang meminta layanan
disebut sebagai client.
Ø
Keuntungan Teknologi client-server:
1) Client-server
mampu menciptakan aturan dan kewajiban komputasi secara terdistribusi.
2) Mudah
dalam maintenance, memungkinkan untuk mengganti dan memperbaiki server tanpa
mengganggu client.
3) Tempat
penyimpanan terpusat, update data mudah. Pada peer-to-peer, update data sulit.
4) Mendukung
banyak clients berbeda dan kemampuan yang berbeda pula.
Ø
Kerugian Teknologi client-server:
1) Traffic
congestion on the network, jika banyak client mengakses ke server secara
simultan, maka server akan overload.
2) Berbeda
dengan peer-to-peer network, dimana bandwidthnya meningkat jika banyak client
merequest. Karena bandwidth berasal dari semua komputer yang terkoneksi
kepadanya.
3. Jelaskan
tentang perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi
dan program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless!
Jawaban:
Program
yang digunakan pada perngkat wireless untuk mengakses internet antara lain
meliputi: Sistem Operasi, Web Browser, E-mail Client (mail user agent) dan
Instan Messaging Client.
a. Sistem
Operasi yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang
digunakan, perhatikan minimum hardware. Komputer dengan perangkat keras terbaru
biasanya telah mampu menjalankan system operasi Windows XP atau Windows Vista.
Selain menggunakan Windows XP atau Vista, anda juga bias menggunakan system
operasi gratis seperti, Ubuntu, Open SusE dan mandriva. Untuk penggunaan
macintosh biasanya telah terinstal system operasi Mac OS.
b. Web
Browser Adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan
interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh web. Web sendiri adalah
kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lainnya, yang
dikenal sebagai Word Wide Web (www). Contoh Web browser antara lain: Internet
Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Safri. Internet Explorer biasanya hanya
tersedia pada sistem operasi windows dari sejak windows 9 sampai dengan windows
vista. Sebaiknya, Mozilla firefox dan opera tersedia pada windows, mac OS
maupun Linux. Safari dulu hanya tersedia untuk Mac OS, kini telah ada versi
safari untuk windows.
c. E-mail
Client berfungsi untuk mengelola e-mail. Contoh e-mail client antara lain
Microsoft outlook express, Microsoft office outlook dan Mozilla thunderbird.
d. Instant
messaging client sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling
mengirim dan menerima pesan berupa teks. Contoh instant messaging client adalah
ICQ, Yhoo messenger, iChat dan pidgin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar